08 April 2013

MPLIK Kab. Sinjai

Mobil Pusat Layanan Internet untuk Kecamatan (MPlik) di Kab. Sinjai telah banyak memberikan dampak positif kepada masyarakat. Keberadaan mobil ini menjangkau 8 Kecamatan kecuali Kec. Pulau Sembilan.
"Jangan Biarkan Yang Terpencil Kian Terkucil" sebuah tulisan yang terdapat di mobil MPlik seakan-akan menegaskan bahwa pengoperasian mobil layanan tersebut tidak hanya pada lingkup perkotaan saja tetapi harus sampai pada pelosok desa. Bahkan menurut saya, justru daerah-daerah pelosoklah yang lebih diutamakan dalam pelayanan mobil MPlik ini karena boleh jadi daerah tersebut memang belum pernah mendapatkan pelayanan atau akses jaringan internet. Sehingga dengan masuknya mobil layanan tersebut, menciptakan pemerataan akses internet di masyarakat terpencil yang tentunya akan dapat mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat setempat dan yang paling penting adalah tidak melek internet.
Selama setahun pengoperasian MPlik tersebut, telah banyak suka duka yang dialami petugas MPlik yang semuanya masih berstatus tenaga sukarela di Diskominfobudpar Kab. Sinjai. Salah satu kegembiraan mereka jika tempat yang dikunjunginya disajikan dengan berbagai makanan dan buah-buahan dari warga setempat sebagai rasa terima kasih atas layanan yang diberikan.
Tentunya harapan kita semua dengan keberadaan MPlik tersebut adalah tercapainya pemerataan akses internet sampai pada pelosok desa sehingga dapat merasakan manfaat positif dan akhirnya menciptakan perubahan yang positif pula.

Wajah kegembiraan para petugas MPLIK

Layanan yang diberikan para petugas MPLIK 

Tidak ada komentar: